Kembangkan Kawasan Sijuk Berbasis Geopark, Bupati Harapkan RDTR Selesai Bulan Oktober Ini

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Bupati Belitung menghadiri rapat Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang berada di Kecamatan Sijuk dan berbasis dengan kawasan Geopark di Hotel BW Suite, pada Selasa (29/06/2021).

Bupati Belitung Sahani Saleh menjelaskan, Pemerintah Kabupaten akan mengembangkan berbagai macam hal di Kecamatan Sijuk dengan kepariwisataannya.

Bacaan Lainnya

“Agenda hari ini adalah penyusunan RDTR tentang kawasan Sijuk berbasis Geopark, apakah nanti akan dijadikan kawasan perkebunan, atau kawasan budidaya perikanan serta perlindungan HKM,” ujar Sahani Saleh kepada inspirasiberita.com, Selasa (29/06/2021).

Ia berharap, pada bulan Oktober, Rencana Detail Tata Ruang di Kecamatan Sijuk harus bisa diselesaikan.

“Kita berharap bulan Oktober ini akan selesai, agar nanti RDTR bisa mengadopsi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, (RPJMD),” katanya.

Ia menambahkan, jika RDTR bisa diselesaikan, yang sebelumnya lahan-lahan yang didekat pantai belum dikelola agar dapat dikembangkan.

“Untuk di kawasan Sijuk banyak lahan yang masih belum dikelola, karena kepemilikan lahan tersebut masih dimiliki orang bisa disebut investor. Dengan RDTR berarti kita bisa mengoptimalkannya, mereka bukan tidak mau di bangun tapi sebelumnya pemanfaatan peruntukan lahannya belum diatur,” ungkap Sahani Saleh.

Selain itu, dengan adanya RDTR ini, mereka akan tau bahwa kawasan lahan miliknya untuk lahan pariwisata. Agar di daerah Sijuk menjadi kawasan Geopark.

“Di kawasan Sijuk akan banyak pembangunan, termasuk itu tadi pengembangan wilayah juga termasuk pelabuhan perikanan, tetapi terutama kepariwisataannya,” pungkasnya (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *