Kasus Covid-19 Belitung Terus Meningkat, Jika Terjadi Lonjakan RSMJ Pastikan Tak Dapat Tangani Pasien

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Kasus Covid-19 di Kabupaten Belitung terus meningkat tanjam. Saat ini pasien yang menjalani isolasi di RSUD H Marsidi Judono didominasi lansia dengan Komorbid.

Direktur RSUD H Marsidi Judono dr. Hendra mengungkapkan, tiga bulan yang lalu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan perawatan didominasi oleh lansia dengan Komorbid. Namun saat ini, pasien yang dirawat sudah mulai bervariasi.

Bacaan Lainnya

“Tetapi satu bulan terakhir ini, pasien yang kami rawat diruang isolasi Covid-19 RSUD H Marsidi Judono, sudah saya analisa 48 persen tidak komorbid bahkan usianya bervariasi sekarang dimulai dari anak, dewasa muda, dewasa tua juga lansia,” ujar dr. Hendra kepada inspirasiberita.com, Kamis (22/07/2021)

Sebelum ini, pihaknya belum pernah menerima pasien kasus positif Covid-19 sebanyak saat ini. Dimana, RSUD semangkin memerlukan SDM dan fasilitas terutama tabung oksigen.

Ia menjelaskan, pihaknya sudah punya tabung sendiri atau produksi oksigen generator. Yang mana biasanya kapasitasnya itu bisa mencukupi bahkan bisa lebih.

“Saat ini dengan adanya Covid-19, kita harus menambah 80 sampai 100 tabung oksigen sehari 24 jam, untuk tetap menjaga pasien Covid-19 ini bisa dilayani, dan mendapatkan oksigen,” katanya.

Selanjutnya, sampai saat ini RSMJ masih bisa mengendalikan oksigen, akan tetapi jika nantinya terjadi lonjakan hingga 2x lipat dari jumlah sekarang, pihaknya memastikan tidak akan bisa melayani pasien lagi.

Sebab, fasilitas maupun SDM Tenaga Kesehatan (Nakes), juga oksigen, obat-obatan, APD pakaian anti pendeteksi diri di RSUD H Marsidi Judono masih sangat terbatas.

“Saya menghimbau kepada masyarakat, untuk patuhi protokol kesehatan dan laksanakan PPKM mikro yang diterapkan pemerintah daerah dan tolong dirumah kalau tidak ada kepentingan apapun dan jangan membuat kerumunan,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *