Manfaatkan Lahan Eks Tambang, PT Timah Bekerjasama Dengan Kelompok Tani

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – PT Timah Tbk memberdayakan masyarakat sekaligus mengelola lahan bekas tambang untuk perkebunan nanas di Desa Badau, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung, pada Senin (24/08/2021).

Dalam hal ini, PT Timah Tbk bekerjasama dengan Kelompok Tani Aik Jelutung Desa Badau. Ada sekitar satu hektar lahan bekas tambang yang akan dimanfaatkan untuk perkebunan nanas ini.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, PT Timah Tbk telah menyerahkan dana program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) kepada kelompok Tani Aik Jelutung Desa Badau guna mengembangkan perkebunan nanas masyarakat sekitar.

Saat ini kelompok Tani Aik Jelutung mulai melakukan penanaman perdana nanas Badau di lahan bekas tambang di wilayah konsesi PT Timah Tbk.

“Hari ini kita mulai menanam nanas secara simbolis, kita akan garap lahan seluas satu hektar,” kata Kelompok Tani Aik Jelutung, Desa Badau, Suhari kepada media, Senin (23/8/2021).

Ia menyebutkan, selain dikembangan untuk perkebunan dan pengolahan nanas, kawasan ini akan dimanfaatkan untuk agrowisata dan hasilnya akan diolah menjadi produk seperti selai, keripik dan lainnya.

“PT Timah sangat membantu kami, kami selaku kelompok tani sangat terbantu dari pembinaan PT Timah ini. Kami berterimakasih kepada PT Timah yang sudah membantu kelompok tani kami,” katanya

Menurutnya, lahan bekas tambang bisa memberikan manfaat jika dikelola dengan baik. Lahan bekas tambang juga bisa memberikan nilai ekonomi bagi masyarakat, tinggal bagaimana pemanfaatannya.

“Lahan itu kita ratakan, kita beri kapur, dan ketika penanaman kita berikan pupuk kandang,” terangnya.

Dirinya berharap agar rencana ini berhasil dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar Desa Badau itu.

Sementara itu, Camat Badau Sastra Yuni Ardi mengapresiasi dan menyambut baik atas bantuan PT Timah Tbk program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kelompok Tani Aik Jelutung.

“Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut, pembinaan dan pemberdayaan PT Timah ini kepada kelompok tani,” katanya.

Ia berharap, dukungan dari PT Timah Tbk terus berlanjut hingga tahap akhir dan bisa mencapai tujuan yang diinginkan dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) di Kelompok Tani Aik Jelutung.

Selanjutnya, ia berharap agar Kelompok Tani Aik Jelutung bisa menjadi role model bagi masyarakat atau desa lain dalam hal pemberdayaan masyarakat desa khususnya.

“Kami berharap kelompok tani ini bisa komitmen dan fokus dalam menjalankan kegiatan atau program yang telah didukung PT Timah ini,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *