Penyintas Covid-19, Lakukan 3 Hal Ini Agar Tubuh Sembuh Total

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Pada gelombang kedua Covid-19 di Indonesia kini mulai berangsur menurun. Namun bukan berarti masyarakat bisa lepas dari penerapan Protokol Kesehatan (Prokes).

Selain masih tetap diminta untuk menerapkan prokes, menggunakan masker serta tidak melakukan kerumunan, sebaiknya juga meningkatkan imunitas tubuh dan memperhatikan kesehatannya.

Bacaan Lainnya

Sebab, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), waktu pemulihan bagi mereka yang sudah sembuh dari Covid-19  bergantung pada keparahan penyakitnya dan tipikal gejala yang dialami.

Salah satu dokter Chief of Medical Halodoc, dr. Irwan Heriyanto, MARS Mengatakan bahwa waktu yang diperlukan setiap orang untuk sembuh dari Covid-19 berbeda-beda.

“Buat yang bergejala ringan, biasanya butuh waktu pemulihan sekitar dua minggu. Sedangkan mereka yang punya gejala parah atau bahkan kritis, membutuhkan waktu hingga tiga sampai enam minggu,” kata dr. Irwan dalam keterangannya, Jumat (27/08/2021) lalu.

Dia menjelaskan, pasca pasien dinyatakan negatif setelah dilakukan PCR (Polymerase Chain Reaction), tubuh tidak akan langsung pulih menjadi normal kembali. Menurut The Fharmacy Times 87,4 persen orang yang pulih dari Covid-19 masih mengalami gejala kelelahan atau susah bernafas.

Nah untuk itu, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dilakukan agar tubuh sembuh total dan kembali normal. 

  1. Monitor  kondisi kesehatan (Kotrol ke dokter)
  2. Terapkan Prokes dan lakukan vaksinasi
  3. Tingkatkan imunitas dan perbanyak makan yang bergizi

Untuk meningkatkan imun, sejatinya tubuh memerlukan asupan gizi yang cukup dan baik dari apa yang dimakan. Bahkan, Virus Corona bisa untuk ditangkal dan disembuhkan dengan sendirinya jika tubuh memiliki imun yang kuat.

“Protein merupakan salah satu zat gizi makro yang menjadi sumber pembentukan sel imun dan antibodi dalam tubuh. Ia (protein) memastikan bahwa sistem imun dapat bekerja dengan baik,” ujar dia.

Ia menyarankan, orang yang pernah terserang Covid-19 untuk makan 3 kali sehari dengan protein yang baik. Atau selalu menambah suplemen setiap kali sesudah makan.

“Setidaknya, penyintas COVID-19 disarankan untuk memakan tiga porsi protein sehari. Jika masyarakat tidak yakin apakah asupan protein harian yang dikonsumsi mencukupi, bisa konsumsi suplemen makanan kaya protein dan asam amino sebagai tambahan,” terang dr. Irwan. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *