Tim Alap-alap Berhasil Menangkap Pencuri Alat Perlengkapan Kapal Nelayan

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Tim Alap-Alap Satreskrim Polres Belitung berhasil mengamankan dua orang pelaku tindak pidana pencurian di kapal yang bertempat di Pelabuhan Perikanan Tanjungpandan, pada Sabtu (09/10/2021).

Identitas kedua pelaku yakni Hariyanto (23) dan Sutarji (33), dan identitas pelapor yakni Hasan Basri selaku penanggung jawab juragan kapal.

Bacaan Lainnya

Kasubsi Penmas Si Humas Polres Belitung Ipda Belly Pinem mengatakan, kronologis kejadian pada Rabu (03/03/2021) sekitar pukul 07.30 Wib, pelapor mendapat kabar bahwa barang tersebut telah hilang.

Selanjutnya, barang yang hilang tersebut yakni satu set Satelit Furuno GP 23 dan satu set Radar Karang Furuno Ech Sounder LS 4100 telah hilang di kapal.

“Adapun cara pelaku melakukan pencurian dengan masuk kedalam kapal, kemudian langsung menuju kotak yg berisikan satu set radar dan satu set satelit, dibuka menggunakan obeng lalu mengambil barang,” ujar Ipda Belly Pinem kepada inspirasiberita.com, Senin (11/10/2021).

Ia menjelaskan, kronologis penangkapan pada hari Sabtu (09/10/2021). Pada saat itu, tim unit Tipidum Polres Belitung mendapat kabar dari warga bahwa pelaku Haryanto sedang berada di Desa Tanjung Binga, kemudian tim memburu pelaku dan akhirnya tim berhasil mengamankan pelaku tersebut.

Selanjutnya, untuk barang bukti yang pelaku curi sempat di jual oleh kedua pelaku dan saat ini kedua barang bukti salah satunya berhasil diamankan di Mapolres Belitung.

Ia menambahkan, atas kejadian ini korban mengalami kerugian sebesar Rp 10 Juta dan saat ini kedua pelaku telah dilakukan penahanan di Polres Belitung.

“Motif pencurian tersebut, yakni pelaku membutuhkan uang untuk pelaku pulang kampung. Kini atas perbuatannya keduanya dikenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 6 tahun penjara,” pungkasnya.(Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *