Bupati Belitung Sambut Baik, BKSDA Sumsel Lakukan Pelepasan Satwa Liar Di HKm Seberang Bersatu

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Bupati Belitung Sahani Saleh bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan (BKSDA Sumsel) melakukan aksi satwa liar pada Kamis (25/11/2021).

Kegiatan pelepasliaran satwa tersebut dilakukan di area Hutan Kemasyarakatan (HKm) Seberang Bersatu Desa Juru Sebrang Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Bacaan Lainnya

Ada sebanyak dua ekor satwa liar dilepasliarkan yakni sepasang Elang Bondol (Haliastur indus). Selain itu, ini merupakan dukungan terhadap program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam melestarikan satwa liar milik negara.

Sebelumnya, asal usul dua ekor elang ini berasal dari serahan masyarakat di Kota Palembang dan berhasil dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi pada tahun 2019.

Selanjutnya, dua ekor Elang Bondol telah melalui proses rehabilitasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Alobi, sebelum dilakukan pelepasliaran di area pantai HKm Juru Sebrang.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Sumsel Azis Abdul Latif mengatakan, dirinya mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pelepasan satwa liar ke alam bebas.

Dirinya juga mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Belitung, Balai Karantina Pertanian Kelas II Pangkal Pinang, KPHL Belantu Mendanau, PT Timah Tbk, HKm Seberang Bersatu, Yayasan Alobi dan pihak lainnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, dirinya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada BKSDA Sumsel dan pihak lainnya atas terselenggaranya acara ini.

“Saya apresiasi dan memberikan penghargaan sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yakni BKSDA Sumsel yang telah mengadakan kegiatan pelepasliaran satwa liar di lokasi Geosite HKm Seberang Bersatu,” ujar Sahani Saleh kepada inspirasiberita.com, Kamis (25/11/2021).

Disamping itu juga, Bupati Belitung Sahani Saleh beserta tamu undangan yang hadir secara simbolis menanam pohon mangrove didekat pelepasan dua ekor Elang Bondol. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *