Perkiraan BMKG Tinggi Gelombang Capai 2,5 Meter, Nelayan Belitung Diminta Waspada

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Para nelayan di Kabupaten Belitung dihimbau oleh Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan untuk selalu membawa perlengkapan diri saat ingin melaut, Kamis (13/01/2022).

Hal tersebut, untuk mengantisipasi peristiwa yang tidak diinginkan akibat cuaca yang ekstrem akhir-akhir ini dengan curah hujan tinggi disertai angin kencang.

Bacaan Lainnya

Kepala Seksi Kesyahbandaran PPN Tanjungpandan Yovi Aspriandi mengatakan, bahwa untuk kondisi saat ini para nelayan harus lebih waspada saat melakukan aktifitas mencari ikan di laut.

“Jadi, untuk para nelayan apabila kondisi cuaca buruk diharapkan jangan melaut terlebih dahulu, dan selalu membawa alat keselamatan jika terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujar Yovi Aspriandi kepada inspirasiberita.com, Kamis (13/01/2022).

Ia meminta, para nelayan harus sering mengecek perkembangan cuaca sebelum melaut. Serta, memastikan peralatan keselamatan sudah tersedia di kapal.

“Siapkan lebih awal seperti jaket pelampung, alat komunikasi, GPS, lampu dan bahan bakar cadangan,” katanya.

Yovi Aspriandi menambahkan, untuk saat ini berdasarkan laporan ada sekitar 20 kapal yang sedang melaut.

“Ya, saat ini juga sesuai informasi cuaca dari BMKG di perairan utara pulau Bangka, Selat Karimata perkiraan tinggi gelombang hingga mencapai 2,5 meter,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *