Jaga Kelestarian Lingkungan, Polres Belitung Tanam 1400 Pohon Di Lahan Eks Tambang

TANJUNGPANDAN, inspirasi berita.com – Polres Belitung melakukan penanaman pohon di lokasi kawasan hutan yang pernah dilakukan penambangan biji timah secara ilegal di Desa Batu Bedil Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, pada Jum’at (28/01/2022).

Penanaman ini, merupakan wujud kepedulian Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui program reboisasi dan rehabilitasi lahan pasca tambang.

Bacaan Lainnya

Kapolres Belitung AKBP Tris Lesmana Zeviansyah mengatakan, bahwa penanaman ini dilakukan secara serentak di wilayah Polda Kepulauan Bangka Belitung.

“Jadi, Kita menanam sebanyak 1.400 pohon yang terdiri dari 900 jenis jambu mente dan 500 jenis cemara laut di lahan pasca tambang,” ujar AKBP Tris Lesmana Zeviansyah kepada inspirasiberita.com, Jum’at (28/01/2022).

Ia berharap, kepada seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif mendukung kegiatan reboisasi lahan bekas tambang, untuk senantiasa menjaganya.

“Kita berharap dengan kita melaksanakan penanaman dilokasi ini, tentunya ini kedepan bisa dipelihara dan dirawat, karena kebetulan disini juga ada HKM sebanyak 25 kelompok,” katanya.

AKBP Tris Lesmana Zeviansyah menambahkan, dengan penanaman ini diharapkan bisa mengembalikan fungsi hutan agar lestari, serta ini juga didukung oleh seluruh Forkopimda Provinsi Bangka Belitung.

“Kita menggunakan lahan bekas tambang sekitar 5 hektar. Nanti juga kedepan mudah-mudahan dengan jumlah lebih banyak lagi, tidak hanya dari inisiasi oleh Polri juga dari TNI dan pemerintah daerah lainnya,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *