Para Penambang Di Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar Kecamatan Damar Itu Sebut Milik Group ABC

BELITUNG TIMUR, inspirasiberita.com – Tim Gakkum KLHK bersama Mabes TNI/Polri melakukan penertiban tambang timah ilegal yang diduga milik group ABC atau Abuncai pada Selasa (01/03/22).

Hal ini diakui oleh penambang saat ditanyai oleh tim Ganungan dari Gakkum KLHK dan Mabes TNI/Polri.

Bacaan Lainnya

Menurut para penambang tersebut, semua penambangan ini di back up oleh Abuncai dan dikenakan potongan hasil tambang setiap kali mereka mendapatkan hasil.

“Group ABC,” ujar para penambang saat ditanya mengerjakan milik siapa oleh tim Gakkum.

Aktivitas tambang timah di Hutan Mangrove dan aliran DAS di belakang Kantor PDI Perjuangan Kabupaten Belitung Timur itu berkisaran puluhan set yang berjenis Suntik dan Rajuk.

Sardoni yang merupakan salah seorang penambang mengatakan, bahwa mereka di tertibkan ketika mau keluar dari lokasi penambangan di sebelah kantor PDIP.

“Saya keluar dari jalan merah, datang ke jalan aspal, saya dijegat (hadang), itu di Kecamatan Damar di samping PDIP,” ucap pria yang itu.

“Waktu di hadang itu mereka dari Manggar mau ke Damar. Rombongan kita di belakang saya ada 3 rombongan, langsung dibawah ke Polres, totalnya ada 40 lebih,” lanjutnya.

Ia pun mengungkapkan, ketika membawa rekan berjumlah lebih dari 20 orang, tersebut, di dalam mobil juga membawa 6 derigen minyak dan 25 – 30 Kilo Gram timah. (Ar/tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *