Minta Usut Tuntas Intimidasi dan Penganiayaan Terhadap Wartawan Di Belitung Timur, Puluhan Awak Media Kabupaten Belitung Gelar Aksi Solidaritas

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Puluhan wartawan di Kabupaten Belitung menggelar aksi damai sebagai wujud solidaritas terhadap wartawan Tabloid Belitung Betuah, Arya (23) yang menjadi korban intimidasi dan penganiayaan.

Aksi damai ini berlangsung di Pusat Kota Tanjungpandan, tepatnya di Bundaran Satam, Kabupaten Belitung, Sabtu (05/03/2022), dengan pengawalan pihak kepolisian.

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, aksi kekerasan yang dialami Arya akibat pemberitaan penertiban aktivitas penambangan biji timah ilegal di Desa Sukamandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

Sebelumnya, puluhan penambang ditempat tersebut ditertibkan oleh Tim Gabungan terdiri dari Bareskrim Polri, Puspom TNI, dan Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa (01/03/2022) lalu.

Puluhan wartawan juga, menyayangkan kekerasan dan intimidasi yang dilakukan oleh oknum seorang pria berinisial L terhadap wartawan Tabloid Belitung Betuah Arya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Belitung Tedja Pramana mengatakan, dirinya meminta kepada pihak kepolisian Kabupaten Belitung Timur untuk mengusut tuntas masalah ini.

“Kita disini berkumpul dan menuntut kepada aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas kejadian intimidasi terhadap wartawan yang terjadi di Belitung Timur hingga ke pengadilan,” ujar Tedja Pramana saat melakukan orasi, Sabtu (05/03/2022).

Ia menjelaskan, bahwa aksi kekerasan ini telah melanggar Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik dan mengancam kebebasan pers.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kabupaten Belitung Fitriyadi yang akrab disapa Piping mengatakan, aksi ini merupakan bentuk empati kita terhadap sesama wartawan.

“Ya, kita meminta kepada aparat penegak hukum agar melakukan pengusutan terhadap kasus tersebut dan kita tunggu hingga di pengadilan,” pungkasnya.

Diketahui bersama, kasus yang menimpa wartawan Tabloid Belitung Betuah Arya telah masuk pelaporan di Polres Belitung Timur dan sedang dilakukan pengusutan lebih lanjut. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *