Cium Dugaan Tipikor Penyertaan Modal Ke BUP, Beberapa Orang Telah Dilakukan Pemanggilan Oleh Penyidik Polres Belitung

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Satreskrim Polres Belitung sedang melakukan penyelidikan terkait anggaran penyertaan modal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung.

Penyelidikan ini terhadap anggaran penyertaan modal kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Pelabuhan Tanjung Batu.

Bacaan Lainnya

Dimana, berdasarkan hasil audit akuntan publik Jakarta pada bulan Februari 2021 dari total dana Rp 5 Miliar yang digelontorkan pada tahun 2015 hanya tersisa sekitar Rp 24,8 Juta.

Kasatreskrim Polres Belitung Iptu Edi Purwanto mengatakan, bahwa pihaknya dari Unit Tipikor sedang menyelidiki dana penyertaan modal yang dikucurkan Pemda Belitung kepada BUP.

“Ya memang benar, sementara ini polisi sedang melakukan pengumpulan dokumen-dokumen dan pemeriksaan terhadap para perusahaan yang jadi mitra BUP dalam kegiatan kepelabuhanan,” ujar Iptu Edi Purwanto kepada inspirasiberita.com, Senin (14/03/2022).

Ia menjelaskan, jajarannya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap beberapa pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung terkait kasus tersebut.

“Kami telah melakukan permintaan audit investigatif kepada auditor yang diamanatkan Undang-Undang dan masih menunggu hasilnya,” katanya.

Iptu Edi Purwanto menambahkan, bahwa Pemerintah telah mengucurkan dana sebesar Rp 5 Miliar dalam kurun waktu satu tahun anggaran.

Informasi sementara dana penyertaan modal yang diberikan Pemkab Belitung kepada BUP yang dibentuk berdasarkan peraturan daerah (perda) tahun anggaran 2015.

“Iya jadi hanya satu tahun anggaran,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *