Kasus Pencurian Anak Dibawah Umur, Polres Belitung Lakukan Restorative Justice

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Polres Belitung melakukan upaya penyelesaian kasus pencurian yang dilakukan oleh anak dibawah umur di Kabupaten Belitung melalui restorative justice atau keadilan justice di Aula Tribrata Polres Belitung, Selasa (15/03/2022).

Sebelumnya, pelaku berinisial AD (14) nekat melakukan pencurian satu unit sepeda motor yang terparkir di Masjid At-Taqwa Jalan KH Ahmad Dahlan Desa Aik Rayak Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, pada (14/02/2022).

Bacaan Lainnya

Kasatreskrim Polres Belitung Iptu Edi Purwanto mengatakan, bahwa pihaknya telah menutup kasus pencurian ini dengan melalui restorative justice.

“Ya, alhamdulillah pada hari ini berkat dari pihak Pekerja Sosial (Peksos) dan Balai Kemasyarakatan (Bapas) serta terutama dari korban yang telah mengikhlaskan dan memaafkan terhadap pelaku,” ujar Iptu Edi Purwanto kepada inspirasiberita.com, Selasa (15/03/2022).

Selain itu, menurut Edi Purwanto, sebelum dilakukan hal tersebut pihaknya telah mengirimkan permohonan dan mendapatkan ketetapan diversi dari Pengadilan Negeri Tanjungpandan terhadap kasus ini.

“Terkait hal ini ada beberapa kriteria dalam restoratif justice, terutama dalam ancaman pidana dibawah lima tahun, bukan merupakan residivis dan telah melakukan perdamaian kedua belah pihak,” katanya.

Iptu Edi Purwanto menambahkan, adanya pencabutan laporan dari korban dan perdamaian antara kedua belah pihak, sehingga terhadap restoratif justice ini bisa kita lakukan. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *