Pelaku Penipuan dan Penggelapan Ditangkap Satreskrim Polres Belitung

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Jajaran Satreskrim Polres Belitung berhasil melakukan pengungkapan dugaan tindak pidana penipuan atau penggelapan dengan modus kontrak bisnis jual beli besi tua, pada Senin (28/03/2022).

Dalam pengungkapan kasus ini, polisi menangkap seorang pria bernama Kari Bin Sarpo (46) yang menipu korbannya sebesar Rp 200 Juta.

Bacaan Lainnya

Kasubsi Penmas Si Humas Polres Belitung Ipda Belly Pinem mengatakan, pelaku diamankan polisi setelah korban melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polres Belitung.

Ia menjelaskan, kronologis kejadian pada Jum’at (18/12/2020) pukul 09.00 Wib, Pelaku menghubungi korban melalui via telepon dengan mengatakan bahwa ada borongan pembongkaran pabrik di Cirebon.

“Setelah percakapan melalui telepon terputus, korban langsung mentransferkan uang tersebut ke rekening pelaku, dengan cara dua kali sebesar Rp 100 Juta,” ujar Ipda Belly Pinem kepada inspirasiberita.com, Senin (28/03/2022).

Kemudian, setelah uang ditranfer pelaku langsung menemui korban untuk menyatakan tanda terima dan tanda tangan kontrak bisnis tersebut didalam nota.

Setelah itu, saat satu Minggu kejadian telah berlalu, korban mencoba menghubungi pelaku via telepon, namun nomor tersebut tidak dapat dihubungi kembali.

“Korban juga berinisiatif mencari pelaku ke kontrakannya, akan tetapi pelaku sudah pindah. Jadi, sampai laporan ini dibuat baik uang maupun besi tua tidak ada,” katanya.

Melihat dirinya ditipu, korban langsung melaporkan kejadian tersebut ke SPKT Polres Belitung guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut atas kejadian tersebut.

Ipda Belly Pinem mengungkapkan, kronologis penangkapan pada Jum’at (25/03/2022) pukul 12.00 Wib. Tim Opsnal dan Unit Idik I Tipidum Satreskrim Polres Belitung mendapatkan informasi dari masyarakat keberadaan pelaku Kari Bin Sarpo.

Jadi, pelaku ini akan melaksanakan ibadah solat Jumat di Masjid Desa Air Saga, dan polisi menunggu pelaku selesai melaksanakan Ibadah solat serta membuntuti pelaku pulang kerumahnya di Jalan Pak Tahau Kecamatan Tanjungpandan.

“Polisi langsung menangkap pelaku pukul 12.30 Wib dan melakukan interogasi awal tersebut, pelaku mengakui bahwa dia bersalah yang telah melakukan dugaan tindak pidana penipuan atau penggelapan uang dari pelapor yang bernama Nanfa,” ungkap Ipda Belly Pinem.

Selanjutnya, pelaku langsung diamankan ke Mako Polres Belitung dan diserahkan kepada penyidik dan penyidik pembantu untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Saat ini pelaku berikut barang bukti satu lembar nota telah diamankan di Mapolres Belitung dan kenakan Pasal 378 KUHPidana,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *