Basarnas Kelas B Pangkal Pinang Lakukan Pelatihan Di Kabupaten Belitung

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas B Pangkal Pinang mengadakan Pelatihan Potensi SAR dengan teknik pertolongan di atas permukaan air atau Water Rescue di Kabupaten Belitung.

Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 6-11 Juni 2022 dan secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan Mirang Uganda, yang bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung, Senin (06/06/2022) pagi.

Bacaan Lainnya

Dimana, sebanyak 50 peserta dari berbagai instansi terkait, diantaranya personil TNI/Polri, Pemda, dan organisasi non-pemerintah ikut serta mengikuti pelatihan tersebut.

Direktorat Bina Potensi Basarnas Pusat Djefri Mewo mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kemampuan potensi SAR, khususnya di bidang Water Rescue.

“Dalam hal ini kita meningkatkan keahlian mereka, karena ketika terjadi bencana bisa bersama-sama membantu. Maka dari itu, kita rekrut potensi atau sumber daya manusia yang bisa melakukan operasi pencarian dan pertolongan,” ujar Djefri Mewo kepada inspirasiberita.com, Senin (06/06/2022).

Dirinya berharap, dengan adanya pelatihan tersebut, dalam pelaksanaan operasi bencana agar bisa lebih efisien dan efektif, yaitu dalam artian lebih cepat, tepat dan terpadu dalam melakukan penanganan bencana.

Djefri Mewo juga mengajak, kepada seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan disiplin. Karena peserta ini akan membantu Basarnas Belitung ketika terjadi bencana.

“Kalau saya lihat kondisi geografis yang ada disini, termasuk daerah cuacanya sulit di prediksi. Jadi, ketika ada gangguan cuaca yang bisa saja menyebabkan bencana, kita siap untuk membantu,” pungkasnya. (Ozi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *