Semua Meja Goyang Beli Timah Tak Punya Izin, Masing-masing “Pegang Bendera” Bos

TANJUNGPANDAN, inspirasiberita.com – Pria pemilik meja goyang biji pasir timah di Jalan Sijuk Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung itu ialah Ak.

Ia bergerak dibidang usaha pembelian biji pasir timah ini belum cukup lama, namun sudah cukup banyak memperoleh pelanggan. Yang setiap harinya mendapatkan biji pasir timah mencapai 100 hingga 300 Kg.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, meja goyang yang ia kelola itu didapatnya dari salah satu pengusaha timah yang bernama A warga Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan.

Ak membeli meja tersebut dengan cara mencicil sebab menurut Ak, dirinya tidak cukup uang untuk melakukan pembelian alat pembersih timah tersebut.

“Aku kalau sementara ini ada dua meja, itu juga nyicil sama bos A. Kalau beli langsungkan kita gak ini, aku kan dari nol juga. Kalau saya masuk barang (jual) ke bos A.” ujar Ak kepada awak media, Rabu (28/09/22).

Ketika disinggung terkait dengan perizinan Ak menjawab bahwa ia tidak memiliki izin apapun. Ia hanya mengetahui jika terjadi permasalahan apapun itu merupakan tanggung jawab dari Bosnya yang bernama A tersebut.

“Sudah dibilangin bos A yang tanggung jawab soalnya kan dana dari dia juga,” ucapnya.

Ak pun sempat mengucapkan nama pemilik meja goyang lainnya yang berada di Desa Air Merbau. Menurutnya, tidak satupun meja goyang membeli biji pasir timah memiliki perizinan.

“Kalau dari Desa setahu aku belum ada. Soalnya yang aku tahu seperti Tk gak ada, bos Buyung semua juga gak ada. Makanya aku gak berani sembarangan juga kalau asal-asal buka sedangkan gak jelas infonya,” jelas Ak lagi.

“Semua meja goyangkan memang gak ada izin. Kan kita cuma pegang bendera bos, bos yang tanggung jawab,” sambungnya.

Dikatakan olehnya, bahwa biji timah yang dibeli olehnya itu merupakan hasil dari masyarakat yang menambang secara umum. Dan dirinya membeli barang tersebut secara bebas.

“Kalau timah, meja goyang kan bebas. Orang bawa ke kita, dia goyang langsung jual. Biasanya seperti itu. Jadi kalau ada masalah dari bos A bilangnya sih gitu, pokoknya kalau ada masalah tinggal bilang sama dia,” ungkapnya.(Tim)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *