Sepakat Di Tutup, Namun Cafe Tirta Terus Beroperasi

Belitung, Inspirasiberita | Daerah – Aktifitas Cafe Tirta yang terletak di Jalan Padat Karya Dusun Kerjan Desa Air Merbau Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung sempat heboh di media lokal Belitung karena keluhan masyarakat setempat.

Bahkan, keluhan tersebut pernah disurati oleh warga setempat kepada Bupati Belitung, Satpol PP Kabupaten Belitung, Kapolres Belitung dan juga Kapolsek Tanjungpandan.

Bacaan Lainnya

Namun saat itu, surat pengaduan tanggal 29 September 2022 dan 31 Oktober yang disepakati oleh warga Rt 01 Desa Air Merbau tersebut tak mendapat gubris dari para pihak yang berwenang.

Kemudian, para warga kembali meminta pertemuan dengan Pemerintah Desa Air Merbau dan juga BPD Air Merbau, yang kemudian menindak lanjuti permintaan warga yang menolak aktifitas Cafe Tirta dan menutup sesegera mungkin tempat tersebut.

Saat ditemui oleh Inspirasiberita, Rabu (30/11/2022), Kepala Desa Air Merbau mengatakan bahwa hal tersebut sudah mendapat respon dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dan menyepakati untuk menutup Cafe Tirta tersebut.

“Sudah selesai itu, waktu itu sudah datang semua, dari pihak pengusaha cafe pengacaranya, pihak Polres, Satpol PP, BPD uda datang semua. Kesepakatannya tempat tersebut harus ditutup,” ujar Kepala Desa Air Merbau, Katto kepada Inspirasiberita, Rabu (30/11/2022).

Menurutnya, jika Cafe tersebut masih buka hingga saat ini, dirinya belum bisa berkomentar lagi sebab hal itu dianggap oleh dirinya selesai pada saat pertemuan itu.

“Pada saat itukan sudah selesai, kalau mereka masih buka sampai saat ini kita tidak bisa berkomentar. Kami tunggu dari warga setempat lagi untuk menyampaikan keluhan kepada kami,” jelasnya.

Sementara itu Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Air Merbau Yudi Chandra mengatakan jika pihaknya saat ini hanya bisa menunggu seperti apa tindakan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

“Iya, kemarin kan surat itu sudah disampaikan ke Pol PP, cuman kita tidak tahu tindak lanjutnya seperti apa,” kata Yudi.

Sebab, segala perihal yang menjadi keluhan masyarakat atas aktifitas Cafe Tirta di Desa Air Merbau telah dirapatkan bersama-sama yang mana hasil rapat pun telah diserahkan kepada pihak yang lebih berwenang.

“Karena hal ini sudah kita sampaikan ke Pemerintah Daerah, kita tidak berani mendahului karena harus mendengar arahan dari atas dulu. Karena nanti jika sudah ada kebijakan dari sana barulah kita bisa melakukan hal-hal yang perlu dilakukan,” ungkap Yudi.

“Karena itu sudah kita rapatkan dan kita bahas dan hasilnya rapat pun sudah kita sampaikan. Jadi kita menunggu saja seperti apa kebijakan pemerintah daerah,” pungkas Yudi.

Sementara itu, Kasat Pol PP ketika dikonfirmasi mengenai hal ini belum membalas pesan wharsapp yang dikirimkan. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *